Monday, April 21, 2008

Kenangan Hari Kartini

hmmm...hari ini tanggal 21 April 2008 merupakan hari Kartini yang diperingati di seluruh wilayah Indonesia. R.A. Kartini sang pahlawan emansipasi wanita udah memberikan banyak inspirasi bagi banyak wanita Indonesia. Atas jasa - jasanya, banyak hal yang dilakukan masyarakat untuk memperingati dan mengenang jasanya.

Gw jadi teringat masa kecil gw saat masuk sekolah dengan berdandan ala adat istiadat masing - masing atau yang diingini. Begitu banyak anak sekolah, terutama siswa SD yang memakai berbagai gaun tradisional. Ada yang pake baju tradisional Jawa, Sumatera, Papua, dll. Banyak juga anak yang tidak cuma memakai baju tradisional saja, tetapi lengkap dengan senjata khas daerah tersebut,,ya tentunya senjata boong - boongan...kayak keris, rencong, bambu......pokoknya banyak deh.

Kalo lagi hari Kartini gini, biasanya dulu gw didandanin ama nyokap pake adat Jawa Jogja, berhubung gw orang Jawa. Kadang juga didandanin adat Betawi karena gw tinggalnya di Jakarta. Sehabis pulang dari upacara Peringatan Hari Kartini, biasanya sekolah gak ngadain pelajaran satu hari itu. Acaranya tuh kayak lomba mamerin baju - baju yang dipake, lomba puisi, lomba nyanyi...banyak deh.
Yang paling gw inget, kalo udah dirumah tapi masih pake pakaian tradisional, nyokap sering manggil tukang foto keliling ( dulu blom ada kamera, en harga kamera mahal amirrr ^_^ ) buat ngambil gambar gw yang lagi make kebaya oranye kebanggaan (abis dari taun ke taun yang dipake kebaya itu2 aje...).

Kalo diinget - inget, gw suka ketawa sendiri....termasuk sekarang ini nih..
Sayangnya gw gk punya foto waktu gw pake tuh baju kebaya. Fotonya ada di tempat nyokap gw, di Jakarta. Kapan - kapan deh tar klo pas gw ke tempat nyokap, gw bawa tuh foto.

C ya....

0 comments: